Hend Zaza - Atlet Termuda Olimpiade Tokyo 2020

Biografi Hend Zaza wikipedia Atlet Termuda Olimpiade Tokyo 2020Hend Zaza yang lahir 1 Januari 2009 adalah pemain tenis meja Suriah. Dia memenuhi syarat untuk bermain di Olimpiade Musim Panas 2020 pada tahun 2021 di Tokyo, melalui turnamen kualifikasi Olimpiade Asia Barat yang diadakan di Yordania pada tahun 2020. 

Pada usia 12, dia adalah orang termuda yang berkompetisi di Tenis meja Olimpiade, dan orang termuda kelima yang bersaing di Olimpiade modern. Dia adalah pesaing termuda di pertandingan 2020, dan pesaing Olimpiade termuda sejak Beatrice Huștiu, seorang pemain skater Rumania yang berkompetisi pada tahun 1968.

Zaza mulai bermain tenis meja pada tahun 2014. Pada tahun 2016, ia menghadiri acara International Table Tennis Federation (ITTF) "Hopes Week and Challenge" di Qatar dengan kakak laki-lakinya, dan potensinya diperhatikan. Dia bermain untuk Klub Tenis Meja Al-Muhafaza di Damaskus dan telah memenangkan gelar nasional di semua tingkatan: harapan, taruna, junior dan senior. 

Zaza adalah orang Suriah pertama yang berkompetisi di tenis meja Olimpiade melalui kualifikasi, meskipun beberapa sumber salah melaporkan bahwa dia adalah orang Suriah pertama yang berkompetisi dalam tenis meja di Olimpiade. Rekan senegaranya Heba Allejji berkompetisi di Olimpiade Musim Panas 2016 setelah diundang oleh Komisi Tripartit.

Di tunggal putri di Olimpiade 2020 ia dikalahkan di babak penyisihan pada 24 Juli 2021 oleh Liu Jia, pemain Austria kelahiran China berusia 39 yang sebelumnya berkompetisi di setiap Olimpiade Musim Panas sejak tahun 2000. Skornya adalah 11:4, 11:9, 11:3, 11:5. Setelah pertandingan, Zaza berkata: 

Saya tidak akan berhenti bermain. Tenis meja adalah seluruh hidup saya. Saya menghabiskan seluruh waktu saya untuk bermain, selain tenis meja saya belajar. Saya bekerja menuju masa depan, menjadi juara dunia dan juara Olimpiade, dan menjadi apoteker atau pengacara dengan studi saya.